Tugas 1: Pengantar Bisnis Informatika artikel perusahaan IT
Latar Belakang
PT
Telekomunikasi Indonesia, Tbk. adalah penyedia layanan telekomunikasi dan
jaringan terbesar di Indonesia. TELKOM menyediakan layanan InfoComm, telepon
tidak bergerak kabel (fixed wireline) dan telepon tidak bergerak nirkabel
(fixed wireless), layanan telepon seluler, data dan internet, serta jaringan
dan interkoneksi, baik secara langsung maupun melalui anak perusahaan. Di luar
layanan telekomunikasi, Telkom juga berbisnis di bidang Multimedia berupa konten
dan aplikasi, melengkapi portofolio bisnis Perusahaan yang disebut TIMES.
Bisnis
telekomunikasi adalah fundamental platform bisnis Perusahaan yang bersifat
legacy, sedangkan portofolio bisnis lainnya disebut sebagai bisnis new wave
yang mengarahkan Perusahaan untuk terus berinovasi pada produk berbasis kreatif
digital. Hal tersebut mempertegas komitmen Telkom untuk terus meningkatkan
pendapatan di dalam situasi persaingan bisnis di industri ini yang sangat
terbuka.
Dalam
meningkatkan usahanya serta memberikan proteksi yang sesuai dengan keinginan
masyarakat, PT.Telkom telah membuka kantor-kantor Cabang dan Perwakilan yang
terdapat di berbagai regional yang terdiri dari : 7 DIVRE yaitu Divre 1
Sumatera, Divre 2 Jakarta, Divre 3 Jawa Barat, Divre 4 Jawa Tengah &
DI.Yogyakarta, Divre 5 Jawa Timur, Divre 6 Kalimantan, Divre 7 Kawasan Timur
Indonesia.PT. Telkom Juga mempunyai anak perusahaan seperti, Telkomsel,
Telkomvision/Indonusa, Infomedia, Graha Sarana Duta / GSD, Patrakom,
Bangtelindo, PT FINNET Indonesia.
Berikut adalah beberapa layanan
telekomunikasi TELKOM, diantaranya :
Telepon
- Telepon
tetap (PSTN), layanan telepon tetap yang hingga kini masih menjadi monopoli
TELKOM di Indonesia.
- Telkom
Flexi, layanan telepon fixed wireless CDMA.
- Telkomsel,
layanan telepon fixed wireless GSM
Data/Internet
- TELKOMNet
Instan, layanan akses internet dial up.
- TELKOMNet
Astinet, layanan akses internet berlangganan dengan fokus perusahaan.
- Speedy,
layanan akses internet dengan kecepatan tinggi (broad band) menggunakan teknologi
ADSL.
- e-Business
(i-deal, i-manage, i-Settle, i-Xchange, TELKOMWeb Kiostron, TELKOMWeb
Plazatron).
- Solusi
Enterprise- INFONET.
- TELKOMLink
DINAccess.
Untuk
menghadapi tantangan dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan mobilitas
dankonektivitas tanpa putus, TELKOM telah memperluas portofolio bisnisnya yang
mencakup telekomunikasi, informasi, media dan edutainment (TIME). Dengan
meningkatkan infrastruktur, memperluas teknologi Next Generation Network (NGN)
dan memobilisasi sinergi di seluruh jajaran TELKOMGroup, TELKOM dapat
mewujudkan dan memberdayakan pelanggan ritel dan korporasi dengan memberikan
kualitas, kecepatan, kehandalan dan layanan pelanggan yang lebih baik.
Profil Usaha PT. Telkom Indonesia
Perusahaan
Perseroan (Persero) PT Telekomunikasi Indonesia, merupakan Badan Usaha Milik
Negara dan penyedia layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia.
TELKOM menyediakan layanan InfoComm, telepon kabel tidak bergerak (fixed
wireline) dan telepon nirkabel tidak bergerak (fixed wireless), layangan
telepon seluler, data dan internet, serta jaringan dan interkoneksi, baik
secara langsung maupun melalui anak perusahaan.
Untuk
menjawab tantangan yang terus berkembang di industri telekomunikasi dalam
negeri maupun di tingkat global, kami bertekad melakukan transformasi secara
fundamental dan menyeluruh di seluruh lini bisnis yang mencakup transformasi
bisnis dan portofolio, transformasi infrastruktur dan sistem, transformasi
organisasi dan sumber daya manusia serta transformasi budaya. Pelaksanaan transformasi
ini dilakukan dalam rangka mendukung upaya diversifikasi bisnis TELKOM dari
ketergantungan pada portofolio bisnis Legacy yang terkait dengan
telekomunikasi, yakni layanan telepon tidak bergerak (Fixed), layanan telepon
seluler (Mobile), dan Multimedia (FMM), menjadi portofolio TIME. Konsistensi
kami dalam berinovasi telah berhasil memposisikan Perusahaan sebagai salah satu
perusahaan yang berdaya saing tinggi dan unggul dalam bisnis New Wave.
Visi
- Menjadi perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan Telecommunication, Information, Media dan Edutainment (TIME) di kawasan regional.
Misi
- Menyediakan
layanan TIME yang berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.
- Menjaga
model pengelolaan korporasi terbaik di Indonesia.
Tujuan
Menciptakan posisi terdepan dengan memperkokoh bisnis legency & meningkatkan bisnis new wave untuk memperoleh 60% dari pendapatan industri pada tahun 2015.
Riwayat
Telkom Grup
Perkuat Akses
Telekomunikasi Nasional, Bangun Masyarakat Digital Indonesia
Dalam
perjalanan sejarahnya, Telkom telah melalui berbagai dinamika bisnis dan
melewati beberapa fase perubahan, yakni kemunculan telepon, perubahan
organisasi jawatan yang merupakan kelahiran Telkom, tumbuhnya teknologi
seluler, berkembangnya era digital, ekspansi bisnis internasional, serta
transformasi menjadi perusahaan telekomunikasi berbasis digital.
1882 –
Kemunculan Telepon
Pada
1882, kemunculan telepon menyaingi layanan pos dan telegraf yang sebelumnya digunakan
pada 1856. Hadirnya telepon membuat masyarakat kian memilih untuk menggunakan
teknologi baru ini. Kala itu, banyak perusahaan swasta menyelenggarakan bisnis
telepon. Banyaknya pemain ini membuat industri telepon berkembang lebih cepat:
pada 1892 telepon sudah digunakan secara interlokal dan tahun 1929 terkoneksi
secara internasional.
1965 – Kelahiran
Telkom
Pada
tahun 1961, Pemerintah Indonesia mendirikan Perusahaan Negara Pos dan
Telekomunikasi (PN Postel). Namun, seiring perkembangan pesat layanan telepon
dan telex, Pemerintah Indonesia mengeluarkan PP No. 30 tanggal 6 Juli 1965
untuk memisahkan industri pos dan telekomunikasi dalam PN Postel: PN Pos dan
Giro serta PN Telekomunikasi.
Dengan
pemisahan ini, setiap perusahaan dapat fokus untuk mengelola portofolio
bisnisnya masing-masing. Terbentuknya PN Telekomunikasi ini menjadi cikal-bakal
Telkom saat ini. Sejak tahun 2016, manajemen Telkom menetapkan tanggal 6
Juli 1965 sebagai hari lahir Telkom.
1995 – Tumbuhnya
Teknologi Seluler
Distribusi dan Strategi Pemasaran
- Plaza
Telkom dan GraPARI adalah outlet/lokasi yang berfungsi sebagai walk-in customer
service points, di mana pelanggan dapat mengakses seluruh produk dan layanan
kami. GraPARI dikhususkan untuk layanan seluler dan dikelola oleh Telkomsel
Selain itu outlet seluler untuk skala kecil dengan nama GeraiHalo dikelola oleh
pihak ketiga.
- Contact
Center menangani pertanyaan-pertanyaan mengenai produk, layanan dan transaksi
nasabah kecuali fungsi payment. Contact center kami juga mengoperasikan layanan
pelanggan (telecaring) dan program telemarketing.
- Partnership
Store adalah perpanjangan jalur distribusi melalui kerja sama dengan berbagai
outlet pemasaran pihak ketiga seperti toko komputer, toko elektronik, bank, dan
sebagainya.
- Feet
on The Street adalah dealer penjualan produk kami, terutama Speedy, yang melakukan
aktivitas pemasaran secara langsung melalui door-to-door, open table, pameran,
demo produk dan aktivitas sejenis.
- Dealer
resmi dan gerai ritel, merupakan outlet pendistribusian beragam produk
telekomunikasi seperti penjualan kartu Speedy Instan, kartu langganan Flexi,
paket perdana dan voucher. Dealer ini bersifat non-eksklusif dan mendapat
potongan harga atas seluruh produk yang mereka terima. Outlet ritel juga
termasuk outlet kerjasama antara kami, Telkomsel dan PT Pos Indonesia dan juga
outlet lain seperti bank.
- Tim
Account Manager, yang mengelola relasi dengan pelanggan personal dan pelanggan
bisnis serta pelanggan korporat.
- Telkom
Solution House (“TSH”) adalah tempat dimana pelanggan enterprise dapat
memperoleh informasi mengenai beragam solusi TIMES, layanan dan produk, serta
teknologi terkini
- SME
Centers adalah fasilitas untuk pelanggan bisnis yang berfungsi sebagai
communication center dengan dukungan fasilitas perkantoran yang canggih,
sebagai community center tempat berinteraksinya pelanggan, serta sebagai
commerce center terutama untuk melayani solusi e-commerce.
- Website Perusahaan merupakan wadah informasi seluruh produk dan layanan kami, baik multimedia maupun telepon, yang dapat diakses pelanggan melalui situs online korporat di http://www.telkom.co.id dan http://www.telkomsel.com
Kegiatan Usaha
Berdasarkan
Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan Perusahaan adalah
menyelenggarakan jaringan dan layanan telekomunikasi, informatika serta optimalisasi
sumber daya Perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, Perusahaan
menjalankan kegiatan usaha yang meliputi:
Usaha Utama
- Merencanakan, membangun, menyediakan, mengembangkan, mengoperasikan, memasarkan atau menjual/menyewakan dan memelihara jaringan telekomunikasi dan informatika dalam arti yang seluas-luasnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.
- Merencanakan, mengembangkan, menyediakan, memasarkan atau menjual dan meningkatkan layanan jasa telekomunikasi dan informatika dalam arti yang seluas-luasnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Usaha Penunjang
- Menyediakan layanan transaksi pembayaran dan pengiriman uang melalui jaringan telekomunikasi dan informatika.
- Menjalankan kegiatan dan usaha lain dalam rangka optimalisasi sumber daya yang dimiliki Perusahaan, antara lain pemanfaatan aset tetap dan aset bergerak, fasilitas sistem informasi, fasilitas pendidikan dan pelatihan dan fasilitas pemeliharaan dan perbaikan.
- Penjelasan mengenai produk dan layanan Perusahaan dapat dilihat pada bagian “Tinjauan Bisnis – Portofolio Bisnis”.
Komentar
Posting Komentar